7 Bentuk Olahraga Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah merupakan seseorang ketika mengerjakan sebuah tugas tanpa merasa kelelahan. Guna menggapainya dibutuhkan bermacam-macam bentuk latihan kebugaran jasmani.

Terdapat setidaknya 7 macam olahraga kebugaran jasmani yang dapat Anda gunakan. Olahraga tadi berupa latihan kekuatan, ketahanan, keseimbangan, ketepatan, daya tahan, kelincahan, kelenturan, dan daya ledak (power). Itulah macam-macam aspek yang perlu dilatih untuk memiliki fisik yang kuat.

Agar bisa menjalankannya dengan sempurna, marilah sejenak kita bahas lebih detail tentang cara pengerjaan 7 bentuk olahraga kebugaran jasmani tersebut. Berikut penjelasannya ??

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan sangat berkesinambungan dengan ketangkasan otot dalam mengangkat beban yang berat. Kemampuan tersebut bisa diketahui dengan cara melihat berapa beban terberat yang dapat kita angkat. Kemampuan otot memiliki peranan penting, karena akan membantu saat bergerak dan mencegah kejadian fatal ketika mengerjakan latihan.

Pada umumnya latihan kekuatan dikerjakan menggunakan cara menggerakkan beban untuk meningkatkan massa otot. Ada 2 bentuk latihan yang bisa dilakukan guna meningkatkan kekuatan otot.

Pertama, mengangkat beban eksternal yang seringkali dilakukan di dalam GYM. Arti dari beban eksternal contohnya adalah {dumbel dan barbelbarbel dan dumbel}. Barbel adalah alat latihan kebugaran berbentuk tongkat besi yang dilengkapi dengan beban pemberat di setiap ujungnya. Nah untuk yang dumbel itu adalah berbentuk lebih kecil.

Kedua, mengangkat berat internal yaitu badan kita masing-masing. Ada bermacam-macam bentuk latihan yang bisa dilkuakan seperti sit up, push up, dan back-up. Bentuk latihan kebugaran jasmani yang seperti itu sangat gampang dilakukan dimanapun. Karena tidak membutuhkan peralatan apapun dalam melakukannya.

Latihan Keseimbangan

Keseimbangan adalah keahlian untuk tetap menjaga keseimbangan agar {taktidak} mudah terjatuh karena adanya gravitasi bumi, entah ketika keadaan bergerak ataupun diam. Keahlian menjaga keseimbangan saat keadaan diam dinamakan keseimbangan statis. Sedangkan tetap seimbang ketika berjalan disebut keseimbangan dinamis.

Ada bermacam-macam cara untuk melatih keseimbangan yang kita miliki.

Berdiri dengan satu kaki, manfaatnya dari latihan ini guna untuk meningkatkan keseimbangan tubuh secara bergantian dengan berdiri pada satu kaki saja.

Berdiri dengan 1 kaki kemudian jongkok, tujuannya adalah guna meningkatkan keseimbangan tubuh dengan berkali-kali mengganti titik tumpu badan.

Duduk dengan mengangkat kedua kaki, tujuan gerakan tersebut adalah menjaga keseimbangan pada kaki dan punggung.

Bergerak diatas papan kayu, tujuannya adalah untuk meningkatkan keseimbangan tubuh dengan cara tetap bergerak di atas balok dan tidak terjatuh.

Latihan Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan seseorang dalam bergerak dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Kecepatan bisa juga diartikan sebagai kemampuan untuk mengerjakan berbagai aktifitas dengan waktu yang cepat. Pada umumnya kecepatan dimaksudkan pada kecepatan berlari yang dimiliki setiap individu.

Untuk kecepatan dalam gerakan dapat diartikan sebagai refleks. Mengasah kecepatan refleks dapat dikerjakan dengan meningkatkan insting kita terhadap sesuatu. Perumpamaannya saat lomba lari saat pelari mengetahui suara peluit maka akan segera berlari. Semakin cepat merespon suara peluit, semakin cepat gerakan mereka.

Latihan Kelincahan

Kelincahan merupakan kemampuan individu dalam bergerak secara berganti-ganti secara cepat dengan tetap mempertahankan keseimbangan. Bentuk latihan kelincahan bisa dilakukan dengan berbagai gaya gerakan yang memiliki dampak untuk melatih kelincahan individu.

Bentuk latihan kelincahan yang biasa dikerjakan untuk meningkatkan kelincahan seseorang adalah: berlari zig-zag, berlari kedepan dan kembali lagi, lari halang rintang, dan lain sebagainya.

Latihan Daya Tahan

Latihan daya tahan Dikerjakan menggunakan cara melatih tubuh kita untuk melakukan gerakan yang berkali-kali supaya tak gampang merasa capek ketika melakukan semacam aktivitas. Apabila mau melatih daya tahan otot dapat dilakukan dengan cara mengangkat dumbel secara berulang-ulang. Cara tersebut biasa digunakan untuk meningkatkan daya tahan otot legan.

Disamping itu Anda juga dapat mengasah daya tahan paru-paru dan jantung dengan mengerjakan olahraga senam dengan jangka waktu yang lama. Tak hanya itu, Anda pun bisa mengerjakan aktifitas yang lain seperti lari lintas alam (cross country), circuit training, dan interval training.

Latihan Kelenturan

Latihan kelenturan atau fleksibilitas badan mempunyai manfaat untuk mengasah fleksibilitas otot pada fisik kita. Apabila otot fisik kita kaku maka berpengaruh pada kelincahan kita dalam bergerak dan bisa menyebabkan cedera. Agar tidak timbul hal-hal yang tak diharapkan, Anda dapat mengerjakan peregangan untuk melatih fleksibilitas.

Fleksibilitas digunakan oleh berbagai macam cabang olahraga, walaupun demikian, ada perbedaan kebutuhan kelenturan untuk mencapai hasil yang memuaskan di berbagai cabang olahraga. Olahraga kelenturan (flexibility training) dapat dikembangkan dalam dua bentuk pergerakan, yaitu peregangan dinamis dan peregangan statis.

Peregangan dinamis dikerjakan dengan cara menggerakkan anggota badan secara tempo yang sama atau menekan-nekannya (bouncing). Peregangan statis dilakukan menggunakan tehnik melenturkan anggota badan dan tetap diam (static) selama beberapa waktu.

Latihan Daya Ledak (Power)

Kemampuan ledak otot bisa diartikan sebagai ketangkasan otot atau sebagian otot pada anggota tubuh tertentu, guna menjalankan kerja secara eksplosif. Kecapatan dan kekuatan kontraksi otot merupakan factor yang sangat mempengaruhi daya ledak otot.

Dalam aktifitas sehari-hari, daya ledak tersebut dibutuhkan untuk menggerakkan sebuah barang dari tempat yang satu ke tempat lainnya yang dilakukan secara mendadak. Jika dalam bidang olahraga, kemampuan ledak otot digunakan dalam cabang olahraga lempar lembing, lempar cakram, dan lain-lain.

Dengan melakukan 7 macam latihan kebugaran jasmani di atas, fisik Anda akan menjadi lebuh kuat dan tak gampang letih ketika melakukan kegiatan berat. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda agar selalu mempertahankan gaya hidup sehat secara rutin menjalankan latihan. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *